berita | 02 Nov 2022

ASTRIDO ISUZU MANGGA DUA PEMENANG INNOV IAMI 2022

Astrido Isuzu Mangga Dua menjadi pemenang ajang inovasi PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Innov IAMI 2022.
Bersama tim ajang inovasi tersebut, Hidden Knight yang dipimpin oleh sang kepala bengkel, Miyanta mendapati berubahnya pencapaian target dalam penjualan sparepart mereka.
Salah satu konsumen mereka, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengerukan tanah, menyusut secara pembelian suku cadang.
"Komposisi pembelian dari kami hanya 35 persen sementara 65 persen di luar. Dari sini kami akhirnya melakukan pendekatan. Jadi selama 3 bulan, bisa dibilang hampir setiap hari kami mendatangi konsumen," ujar pria yang mulai masuk di Astrido Isuzu sejak 2003 sebagai mekanik ini.

Selama mendatangi perusahaan konsumen, pendekatan mereka pun serba komprehensif. Bukan dari atasan, tetapi dari level lapangan. Setelah memperoleh sejumlah hal yang sebenarnya dibutuhkan, merekapun lanjut dengan banyak mengobrol bersama tim user dan purchasing dari perusahaan konsumen, sampai akhirnya ke tahap ownership.

"Dari sini saya mendapati bahwa sebenarnya mereka membutuhkan sejumlah part yang sebisa mungkin harus ada secepatnya.
Sebab, mereka tidak ingin truk diam untuk perbaikan di bengkel karena harus terus bekerja. Contohnya kebutuhan per Isuzu Giga untuk jasa keruk tanah.
Di sini, per Isuzu Giga sebagai part fast moving harus segera tersedia," ujar Miyanta.

Astrido Isuzu kemudian juga melihat bahwa dibutuhkan perubahan cara belanja antara dealer dan IAMI. Yang juga tidak kalah menarik adalah usaha memperbaiki sistem stok di konsumen. "Kami bahkan bantu rapikan gudang stok mereka. Lalu kami juga melihat bahwa akan lebih baik jika stok sudah tersedia lebih dulu.Jadi, jangan tunggu misalnya per patah, baru order. Untuk itu, kami tawarkan ketersediaan stok secara minimum," ujarnya.

Tim Astrido Isuzu memberikan perkiraan atau forecasting, mengenai suku cadang yang sudah harus siap di tempat konsumen. "Kami melakukan semacam konsinyasi, juga diskon sehingga menarik. Lalu satu lagi, kami buatkan grup untuk melakukan monitoring agar dapat menjaga informasi ketersediaan stok untuk di masing-masing konsumen. Yang selanjutnya, kami buka stok ke IAMI," ujarnya.

Dengan pendekatan ini, keadaan pun berbalik. Konsumen memutuskan Astrido Isuzu Mangga Dua sebagai pilihan pertama untuk kebutuhan suku cadang. Jika dulu penjualan suku cadang Astrido berada di porsi 35 banding 65, Astrido Isuzu Mangga Dua kemudian meraih 72 persen per tahun 2021. Jumlahnya pun meningkat lagi secara nominal memasuki level Rp 3 Miliar secara year to date di tahun 2022.

#astridoisuzu #isuzu #euro4 #isuzugiga

ISUZU PROMO

DAFTAR CABANG

TANGERANG
Astrido Isuzu BSD

Jl. Raya Serpong Kav. 201 No. 8 Sektor VI BSD, Tangerang, Tangerang, Banten 15311

JAKARTA PUSAT
Astrido Isuzu Mangga Dua

Komp. Agung Sedayu Harco Elektronik, Jl. Mangga Dua Raya Blok E, RT.7/RW.7, Mangga Dua Sel., Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730

Astrido Isuzu Head Office

Jl.Pecenongan Raya no.80A Jakarta-Pusat, Jakarta, DKI Jakarta 10120

SUBANG
Astrido Isuzu Subang

Jalan Pantura Kebondanas No.88, Desa Kebondanas, Pusakajaya, Subang.

CIANJUR
Astrido Isuzu Cianjur

Jl.raya cianjur-bandung KM.3 No.88, bojong, karangtengah, Cianjur

BEKASI
Astrido Isuzu DeltaMas

Greenland Square, Jl. Deltamas Boulevard Kota Deltamas, Sukamahi, Kec. Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530

Whatsapp