berita | 18 Nov 2022

Isuzu Driving Experience Menghadapi Tantangan Kenaikan Harga BBM

Seperti kita ketahui bersama, pada pertengahan tahun ini telah terjadi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia. Hal ini merupakan dampak dari perkembangan ekonomi dunia yang tidak bisa dihindari.

Bukan hanya perkembangan ekonomi global, hal tersebut juga terjadi seiring dengan isu menipisnya sumber daya fosil sebagai bahan baku utama BBM yang mayoritas kita gunakan saat ini.

Hal ini merupakan isu yang sangat serius di mana roda perekonomian kita dipengaruhi oleh harga BBM, Oleh sebab itu, Isuzu mengadakan Isuzu Driving Experience dengan tujuan untuk memberikan edukasi berkendara yang baik dan benar agar penggunaan BBM menjadi lebih efisien atau eco driving.

Dalam eco driving, berbagai hal disampaikan dan diterapkan bagi pengemudi agar penggunaan solar bisa lebih hemat, yakni menjaga kecepatan, menjaga RPM mesin, memaksimalkan gigi tinggi, menjaga kecepatan konstan, efektivitas engine brake, dan idling.

Mengenai menjaga kecepatan, dalam edukasi ini disampaikan bahwa 80 km/jam adalah kecepatan yang ideal—utamanya di jalan tol. Jika tingkat efisiensinya dikomparasikan, kecepatan 80 km/jam bisa menghasilkan tingkat efisiensi 6,7 km per liter, sedangkan 90 km/jam setara 6,1 km per liter, dan 100 km/jam setara 5,4 km per liter. Demikian halnya menjaga putaran atau RPM masih di 1.000-2.000 (zona hijau di spidometer) adalah kategori hemat, sedangkan RPM 3.000 ke atas (zona merah) akan membuat konsumsi solar jauh lebih boros.

Teknik pengereman juga menjadi bagian dalam edukasi. Pengereman lebih efisien jika pengemudi sedari awal sudah menggunakan engine brake atau pengereman mesin, contohnya dalam 300 meter menuju jarak yang ditentukan. Perbandingannya, jika melaju dan mengerem secara tiba-tiba, maka kerja mesin bisa membuang 24,1 cc solar. Sementara itu, pelambatan dengan engine brake dalam 300 meter menuju titik stop hanya menghabiskan 0,8 cc solar.

#astridoisuzu #isuzu #euro4 #traga #isuzutraga #drivingexperience

ISUZU PROMO

DAFTAR CABANG

TANGERANG
Astrido Isuzu BSD

Jl. Raya Serpong Kav. 201 No. 8 Sektor VI BSD, Tangerang, Tangerang, Banten 15311

JAKARTA PUSAT
Astrido Isuzu Mangga Dua

Komp. Agung Sedayu Harco Elektronik, Jl. Mangga Dua Raya Blok E, RT.7/RW.7, Mangga Dua Sel., Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730

Astrido Isuzu Head Office

Jl.Pecenongan Raya no.80A Jakarta-Pusat, Jakarta, DKI Jakarta 10120

SUBANG
Astrido Isuzu Subang

Jalan Pantura Kebondanas No.88, Desa Kebondanas, Pusakajaya, Subang.

CIANJUR
Astrido Isuzu Cianjur

Jl.raya cianjur-bandung KM.3 No.88, bojong, karangtengah, Cianjur

BEKASI
Astrido Isuzu DeltaMas

Greenland Square, Jl. Deltamas Boulevard Kota Deltamas, Sukamahi, Kec. Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530

Whatsapp