berita | 25 Jul 2022

Power naik, Isuzu ELF malah irit solar

Isuzu juga membuat mesin Elf lebih bertenaga. Ada yang mengejutkan ketika kita melihat data spesifikasi di Isuzu Elf terbaru. Seiring dengan penerapan teknologi berstandar emisi Euro 4 di semua kendaraannya.

Jika sebelumnya menggunakan mesin 4JB1-TC dengan tenaga maksimum 100 PS di putaran puncak 3.400 rpm pada data Isuzu NLR, kini di versi Euro 4, ia menggunakan mesin 4JJ1-TCC dengan tenaga maksimum 120 PS pada putaran mesin 2.600 rpm.
Tak ubahnya dengan Elf 6 roda tipe NMR. Jika sebelumnya menggunakan mesin 4HG1-T bertenaga maksimum 125 PS pada putaran mesin 2.900 rpm, kini NMR Euro 4 menggunakan mesin 4HL1-TCS dengan tenaga maksimum 150 PS pada putaran 2.600 rpm.

Lebih bertenaga, tetapi Elf terbaru bahkan lebih irit. Putaran mesinnya lebih kecil dalam menghasilkan daya yang lebih besar dari sebelumnya. Dengan putaran mesin yang lebih kecil untuk daya yang lebih besar, maka konsumsi solar lebih efisien dengan hasil tenaga maksimal.

Dengan mesin 4JJ1-TCC Isuzu NLR empat roda dan mesin 4HL1-TCS Isuzu Elf NMR 6 roda. Masing-masing bertipe direct injectioncommon rail, DOHC, 4 silinder VGS turbo intercooler; dan direct injectioncommon rail, SOHC, 4 silinder VGS turbo intercooler menghasilkan daya lebih besar.

Selain dukungan VGS turbo intercooler, kedua mesin ini sekaligus menunjukkan identitasnya sebagai mesin euro 4 karena direct injection terkoneksi dengan common rail direct injection.

Common rail adalah pipa rel bahan bakar bertekanan tinggi untuk menghasilkan pengabutan yang lebih baik dalam pembakaran di mesin diesel, dari pipa rel ini kemudian tersalurkan ke injektor untuk disuntikkan ke silinder mesin melalui pengaturan komputer engine control unit (ECU).

Sudah tekanan tinggi, terarah melalui injektor, diatur pula oleh ECU. Maka tidak heran jika kemudian bahan bakar yang disemprotkan ke silinder mesin sesuai kebutuhan sehingga makin efisien.

#astridoisuzu #isuzuelf #elfnlr

DAFTAR CABANG

TANGERANG
Astrido Isuzu BSD

Jl. Raya Serpong Kav. 201 No. 8 Sektor VI BSD, Tangerang, Tangerang, Banten 15311

JAKARTA PUSAT
Astrido Isuzu Mangga Dua

Komp. Agung Sedayu Harco Elektronik, Jl. Mangga Dua Raya Blok E, RT.7/RW.7, Mangga Dua Sel., Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730

Astrido Isuzu Head Office

Jl.Pecenongan Raya no.80A Jakarta-Pusat, Jakarta, DKI Jakarta 10120

SUBANG
Astrido Isuzu Subang

Jalan Pantura Kebondanas No.88, Desa Kebondanas, Pusakajaya, Subang.

PURWAKARTA
Astrido Isuzu Purwakarta

Jl. Raya Ciwangi No. 390,Ciwangi, Bungursari, Purwakarta, Jawa Barat 41181

BEKASI
Astrido Isuzu DeltaMas

Greenland Square, Jl. Deltamas Boulevard Kota Deltamas, Sukamahi, Kec. Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530

Whatsapp