berita | 25 Aug 2022

Turbo Isuzu Elf Tetap Melesat di tanjakan !

Umumnya, semahir apa pun pengemudinya, berhadapan dengan tanjakan akan menyita konsentrasi lebih. Perhitungan menjadi sedemikian ekstra demi menghindari bermacam kekhawatiran. Misalnya, gentar karena merasa kurang tenaga sehingga kendaraan malah mundur di luar kendali.

Bicara mesin turbo diesel, semburan udara akan membawa keuntungan sekaligus saat melaju, termasuk performa. Namun berbeda kondisinya saat menghadapi tanjakan.

Sebuah truk turbo diesel bisa menghadapi kekurangan asupan udara ke turbin lantaran tanjakan, dikarenakan adanya pengurangan kecepatan.

Ketika melambat, turbin yang se mestinya didorong gas buang pun ikut melambat karena ada perubahan RPM saat menghadapi tanjakan. Pasalnya, saat RPM berku rang, maka berkurang jugalah gas buang menuju turbin.

Kondisi itulah yang dinamakan turbo lag. Namun, Isuzu menyempurnakannya dengan VGS di semua Isuzu Elf, baik tipe 4 ban NLR, 6 ban NMR, maupunNPS 4x4.

VGS adalah singkatan dari Variable Geometry System. Adam J Feneley, Apostolos Pesiridisa Amin Mahmoudzadeh Andwari dalam jurnal Renewable and Sustainable Energy Reviews menjelaskan bahwa teknologi ini (antara lain) menggunakan komponen bergerak untuk menyediakan luas penampang yang bervariasi. Dengan prinsip ini,efeknya pun cukup banyak.

"Meningkatkan boost atau tekanan angin pada kecepatan rendah, mengurangi waktu respons, meningkatkan torsi yang tersedia,mengurangi tekanan angin pada kecepatan putaran mesin tinggi untuk mencegah peningkatan berlebih, mengurangi emisi,meningkatkan peng hematanbahan bakar, dan meningkatkan jangkauan operasi turbocharger secara keseluruhan," tulis mereka.


Untuk efek "meningkatkan tekanan boost pada kecepatan rendah" saja, Isuzu Elf, baik tipe 4 ban NLR, 6 ban NMR, maupun NPS 4x4 artinya sudah mumpuni untuk kondisi menanjak. Saat RPM rendah karena menghadapi tanjakan, bilah bilah turbin pada turbocharger Elf akan menyempit sehingga daya tekanan udara tetap stabil sesuai pengaturan melalui ECU.

Dengannya, asupan udara untuk sistem turbo menangkal hilangnya tenaga di tanjakan. Keberadaan VGS ini sekaligus menandai bahwa Isuzu jeli dalam menghadapi problem dan meningkatkan kemampuan truk- truknya, di samping mendukung kenikmatan berkendara yang lebih jauh meningkatkan ritase.

#astridoisuzu #isuzu #euro4 #isuzuelf

ISUZU PROMO

DAFTAR CABANG

TANGERANG
Astrido Isuzu BSD

Jl. Raya Serpong Kav. 201 No. 8 Sektor VI BSD, Tangerang, Tangerang, Banten 15311

JAKARTA PUSAT
Astrido Isuzu Mangga Dua

Komp. Agung Sedayu Harco Elektronik, Jl. Mangga Dua Raya Blok E, RT.7/RW.7, Mangga Dua Sel., Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730

Astrido Isuzu Head Office

Jl.Pecenongan Raya no.80A Jakarta-Pusat, Jakarta, DKI Jakarta 10120

SUBANG
Astrido Isuzu Subang

Jalan Pantura Kebondanas No.88, Desa Kebondanas, Pusakajaya, Subang.

CIANJUR
Astrido Isuzu Cianjur

Jl.raya cianjur-bandung KM.3 No.88, bojong, karangtengah, Cianjur

BEKASI
Astrido Isuzu DeltaMas

Greenland Square, Jl. Deltamas Boulevard Kota Deltamas, Sukamahi, Kec. Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530

Whatsapp